Kumpulan Tugas

Apa Perbedaan TOEFL dan IELTS Dan Dimana Kita Bisa Mengikuti Testnya?

    Pada Kesempatan Kali ini saya ingin membahas tentang perbeda kedua Lembaga Test  untuk kecakapan beberbahasa inggris ini.
      Ok langsung saja, Kegunaan mengikuti test dan Sertifikat TOEFL/IELTS adalah untuk memenuhi persyaratan bekerja di Perusahan International yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa komunikasi dan laporan kantor, dan juga yang paling umum untuk anda yang ingin mendaftar kuliah di luar negeri, maka Anda akan diminta untuk memberi nilai tes kemampuan bahasa Inggris. Tes tersebut bisa berupa TOEFL (Test of English as Foreign Language) ataupun IELTS (International English Language Testing System). Biasanya hal ini digunakan untuk memastikan bahwa kemampuan bahasa Inggris Anda, baik dalam membaca, berbicara dan menulis cukup untuk mengikuti kuliah di kampus tujuan Anda atau bekerja di kontor.
   Adapun perbedaan lembaga test tersebut yaitu dari kegunaan atau Negara yang mengakui atau menggunakan salah satu lembaga tersebut untuk test kemampuan bahasa inggris. Adapun penjelasnnya sebagai berikut:


PERBEDAAN TOEFL dan IELTS
TOEFL

       TOEFL adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris dengan standar Amerika (American accent). Adapun Negara atau Universitas yang mengakui atau menggunakan TOEFL sebagai standar test bahasa Inggris adalah diantaranya America dan Selandia Baru. Ujian ini diselengarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh di dunia.
      TeS TOEFL terdiri dari dua tipe, yaitu TOEFL ITP dan TOEFL iBT. TOEFL ITP (Instituional Testing Program) biasanya digunakan untuk wilayah Asia, dengan skornya yang bersifat institusional, berarti hanya digunakan untuk institusi dan wilayah lokal tertentu dan tidak berlaku untuk seluruh negara di dunia. Namun yang paling sering digunakan dan berlaku secara International adalah, tes TOEFL yang digunakan adalah tes TOEFL iBT (Internet Based Test) dimana kalian akan diminta untuk merekam semua jawaban Anda di komputer yang telah terhubung langsung dengan internet. Jawaban Anda akan dikirim langsung ke ETS.

Tes TOEFL ITP terbagi menjadi tiga sesi ujian, yaitu
1. Listening, Structure
2. Written Expression
3. Reading Comprehension.
      Nilai total maksimal pada TOEFL ITP adalah 500 atau 550 bahkan 600.

Sedangkan Untuk TOEFL iBT Test yang digunakan meliputi;
1. Reading
2. Listening
3. Speaking dan
4. Writing
       Nilai tes TOEFL iBTyang terbaru memiliki nilai maksimum 120, dengan rata-rata nilai yang diminta adalah 80 atau 90. Tes TOEFL berlangsung selama hampir 4 jam. Test yang lebih diakui untuk Kuliah keluar Negeri dengan standar America adalah TOEFL IBT ini

IELTS

      IELTS adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris dengan standar British Council / UK. Adapun Negara atau Universitas yang mengakui atau menggunakan IELTS sebagai standar test bahasa Inggris adalah Australia, Inggris dan canada. IELTS adalah uji coba kemampuan bahasa Inggris yang diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge, British Council dan IDP Education Australia. Pada tes IELTS, bahasa Inggris yang digunakan adalah bahasa Inggris Britania atau British.
      Para peserta tes IELTS boleh memilih Modul Akademik (bagi yang ingin mendaftar di universitas dan pendidikan tinggi lainnya) atau Modul Pelatihan Umum (bagi yang berencana mengikuti pelatihan non akademik, untuk memperoleh pengalaman kerja atau untuk tujuan keimigrasian. Tes IELTS menilai setiap bagian dengan skor 0-9, yang kemudian akan diratakan untuk skor akhir dalam skala 0-9.
       Berbeda halnya dengan tes TOEFL, tes IELTS semua jawaban akan ditulis tangan. Terdapat empat bagian seperti pada TOEFL IBTyaitu;
1. Speaking
2. Writing
3. Listening
4. Reading
        Pada speaking section, peserta tes akan diminta untuk berbicara dengan seorang penilai secara langsung dengan durasi 12-14 menit. Peserta akan ditanya beberapa pertanyaan tentang dirinya sendiri dan sebuah topik. Tes IELTS berdurasi lebih lama dibandingkan TOEFL yaitu dapat mencapai 2 jam 45 menit.


Dimana kita bisa mengikuti Test TOEFL atau IELTS dan Berapa harga untuk mengambil Test TOEFL dan IELTS?

TOEFL IBT
   TOEFL IBT adalah test kemampuan berbahasa inggris yang diselenggarakan oleh ETS International. Dan ETS bekerjasama dengan beberapa Universitas ataupun Lembaga dan Kantor dalam memberikan layanan untuk melakukan test di Indonesia dengan memberikan kantor perwakilan yang mempunyai standar yang sama dalam melakukan test, skor anda disimpan dalam server ETS, dan anda bisa meminta sertifikat hardcopy yang akan dikirimkan ke alamat anda. Adapun beberapa Kota dan lembaga yang bekerjasama dengan ETS untuk melakukan test TOEFL IBT sebagai berikut;

  • Bandung TOEFL iBT
  • Batam TOEFL iBT
  • Denpasar TOEFL iBT
  • Jakarta TOEFL iBT
  • Makassar TOEFL iBT
  • Malang TOEFL iBT
  • Medan TOEFL iBT
  • PekanbaruTOEFL iBT
  • SemarangTOEFL iBT
  • Surabaya TOEFL iBT
  • YogyakartaTOEFL iBT

        Untuk mengakses lokasi serta alamat rincinya anda harus masuk login atau daftar di website ELT. Anda dapat mengunjunginya klik disini. Adapun biaya yang anda harus keluarkan untuk mengikuti test TOEFL IBT sebesar USD $195 Setara dengan IDR Rp 2.600.000,- belum termasuk administrasi di lembaga Indonesia.

IELTS
      IELTS adalah test kemampuan berbahasa inggris yang diselenggarakan oleh British Council bekerjasama dengan IDP dan Cambridge University. Lembaga ini bekerjasama dengan beberapa Univeritas dan kantor perwakilan yang tesebar di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Adapun beberapa Kota dan lembaga yang bekerjasama dengan British Council untuk melakukan test IELTS sebagai berikut;
IALF Surabaya - Malang
IALF Bali -Kupang
IALF Surabaya - Kampung Inggris
British Council Indonesia - Surabaya
IDP Education - Semarang
IALF Jakarta - Kelapa Gading
IALF Jakarta - Serpong
IALF Bali - Jayapura
IDP Education - ICAN Education Gading Serpong
IDP Education - UKRIDA Grogol
IALF Surabaya- Surabaya
IDP Education - Kaplan BSD Serpong
British Council Indonesia - Bandung
IALF Surabaya - Medan
IDP Education - IELC Solo
IDP Education-Kawitta Education and Training Center Batam
IDP Education - Yogyakarta
IALF Jakarta - Depok
IALF Bali - Dili, Timor Leste
British Council Indonesia – Makassar
IDP Education - SpecTa Education Kelapa Gading
IALF Jakarta - Jabodetabek
IDP Education - Bandung
IALF Jakarta - Pluit
IDP Education - Medan
British Council Indonesia - Yogyakarta
IDP Education - Makassar
IDP Education - ILP Pancoran
IALF Bali Denpasar
IDP Education – Safwah Nusa Global College Bintaro
IDP Education - Kelapa Gading
IALF Jakarta- Palembang
IDP Education - South Jakarta
British Council Indonesia - Jakarta
IDP Education - Edlink ConneX Pekanbaru
IDP Education - Edlink ConneX Padang
IALF Jakarta - Yogyakarta
IDP Education - Central International Education Palembang
IALF Jakarta - Kebon Jeruk
British Council Indonesia - Medan
IDP Education - Inlingua Puri Kembangan
IALF Jakarta -Bogor
IALF Surabaya - Makassar
IDP Education - Sigma Education - Pontianak
        Anda bisa langsung klik pada Link Disini untuk mengetahu alamat lengkap dari lembaga tersebut. Adapun biaya yang anda harus keluarkan untuk mengikuti test IELTS sebesar USD $ 205 Setara dengan IDR 2,850,000 + Admin Fee IDR 350,000. Anda dapat mengakses website British Council untuk IELTS disini.

Semoga Informasi bermanfaat dan selamat berlatih dan sukses selalu. Amien 3X

Previous
Next Post »